Persiapan Punya Momongan

Posted: Juli 12, 2010 in Kesehatan, Kliping, Wanita
Tag:, , , ,

Baby Box

Bagi yang ingin mempunyai anak, sebentar lagi akan mempunyai anak, atau masih rencana ingin punya anak. Tulisan ini mungkin akan sangat membantu.

Persiapan apa saja yang diperlukan ketika ibu hamil mau melahirkan?
Mungkin bagi Anda ada yang tidak terlalu pusing dengan persiapan ini, tapi ada juga yang begitu disibukkan, apalagi bila ini kelahiran anak pertama, tidak hanya mempersiapkan Box Bayi dan mainannya, tapi juga banyak hal lain yang tak terduga sebelumnya.
Anda bisa menanyakan kepada orang tua, kerabat, teman Anda dan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Tanyakan bagaimana pengalaman mereka dahulu ketika melahirkan, RS mana yang bagus pelayanannya, dokternya siapa (biasanya kalau ada rekomendasi dari teman-teman jadi lebih tenang).

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyambut kelahiran bayi Anda:

1. Persiapan persalinan
Apakah Anda akan melahirkan dengan bantuan dokter di Rumah Sakit (RS), atau dengan bantuan bidan. Dalam hal ini kehamilan Anda normal atau ada kesulitan, misalnya harus operasi. Pilih RS atau bidan dengan seksama karena menyangkut biaya. Pertimbangkan  juga, jarak antara rumah dengan RS yang dituju.
Untuk Anda yang tinggal di LN, bisa meminta saran dari teman-teman Anda, karena aku pernah membaca di satu forum (maaf tidak ada linknya, forumnya sudah tidak bisa dibuka, tapi aku ingat benar kata-katanya), di negara dia tinggal bahwa untuk ibu hamil  yang mau melahirkan berlaku aturan selama masih bisa melahirkan dirumah ya melahirkan dirumah saja, nanti tim medis yang datang ke rumah membantu proses persalinan. Bila ada kendala dalam proses melahirkan baru di bawa ke RS. Aduh tidak terbayangkan….
Bila Anda menggunakan asuransi, tanyakan biaya yang mana saja yang dibayar sama pihak asuransi dan biaya mana yang tidak dibayar. Jadi Anda bisa mempersiapkan berapa biaya yang akan dikeluarkan, walaupun ada asuransi.

2. Kenali golongan darah Anda
Persiapkan beberapa orang untuk dijadikan pendonor darah apabila diperlukan, walaupun pihak RS akan mencarikan.


3. Perlengkapan ibu dan bayi.
Ketika mau ke RS, perlengkapan untuk ibu adalah sebagai berikut:
* baju ganti, baju dengan bukaan depan untuk memudahkan saat menyusui.
* pembalut, kalau disini diberi dari RS tapi lebih baik bawa sendiri juga.
* peralatan mandi, biasanya menginap 2-3 hari sampai semua pemeriksaan terhadap bayi selesai dan kondisi ibu sudah membaik.
* gurita khusus ibu, dipakai setelah melahirkan. Di Indonesia hal ini boleh, tapi disini tidak diperbolehkan, mereka tidak mengenal gurita sih….

Perlengkapan untuk si bayi saat di RS, baju (baju lengkap dengan kaos kaki, sarung tangan, penutup kepala), selimut dan diapers. Kalau disini, si baby masih dimandikan sama perawat, jadi tidak membawa perlengkapan mandi buat si baby. Sebelum memandikan mereka akan minta baju ganti saja, nanti diserahkan ke ibunya lagi sudah bersih dan wangi. Bawa minyak telon untuk bayi, tapi perlu diperhatikan, tidak semua RS mengijinkan si baby diberi minyak terlebih bila Anda tinggal di LN.

4. Persiapkan mental Anda.
Persiapkan mental Anda sebelum melahirkan, juga mental Anda sebagai ibu. Dengan mempunyai bayi, artinya tanggung jawab Anda bertambah, Anda akan kurang tidur, kurang istirahat, sering bangun malam untuk menyusui atau mengganti popoknya, menenangkan ketika si bayi menangis, mengajaknya bicara dan sebagainya.

5. ASI
Sebisa mungkin berikan ASI kepada anak Anda karena ASI adalah asupan gizi terbaik buat bayi Anda.

6. Persiapkan nama.
Biasanya di RS sudah ditanya nama bayi siapa, untuk mengisi data si bayi.
Artikel lengkap memilih nama anak, silakan baca disini.

7. Berdoa.
Berdoalah kepada Allah, semoga diberikan kemudahan, kelancaran, kesehatan, dan semoga diberikan yang terbaik. Apapun agama Anda, berdoa adalah hal terpenting.

***

Untuk persiapan perlengkapan lainnya untuk si bayi, bisa dibedakan sebagai berikut:
Persiapan baju, sesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung. Apabila ketika melahirkan pas musim dingin, artinya persiapkan baju-baju hangat. Beli secukupnya saja, karena biasanya hanya terpakai selama 3-4 bulan. Persiapkan juga perlengkapan untuk tidur bayi.
Peralatan mandi untuk bayi, seperti ember, shampoo, sabun mandi, handuk lembut, washlap. Yang lainnya: bedak bayi, minyak telon, baby oil, alkohol dan kain kasa (untuk membersihkan tali pusar yang belum lepas)

Untuk perlengkapan penunjang lainnya, seperti boks bayi, kereta dorong, baby tafel  bisa dipertimbangkan secara seksama ( baca artikel terkait disini ).

Mudah-mudahan bermanfaat!dan kalau sudah sedikit leboh dewasa nanti bisa dibelikan mainan yang bermanfaat, yang bisa meningkatkan kecerdasan dan daya kreatifitasnya.
Ada yang mau menambahkan? Silakan tulis di kolom komentar!

Baca juga:
Tips seputar ibu hamil.

Komentar
  1. imamhojali mengatakan:

    selamat…3x

  2. senny mengatakan:

    ini harus dibookmark, kali aja beberapa tahun lagi kalo gue siap punya anak bisa baca ini

  3. DikMa mengatakan:

    mantap gan, …
    kalo mo nambah … kira2 ini tertap dapat di gunakan too

  4. laros mengatakan:

    mudah2 an lancar ya bro…

  5. nurhayadi mengatakan:

    Kelihatannya dah pengalaman banget nih

  6. enggink mengatakan:

    wah seorang calon bapak, pasti senang rasanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s