Kolak Tak Sehat Untuk Berbuka

Posted: Agustus 24, 2009 in Artikel, Kesehatan, Untukmu
Tag:, ,

kolakBagi anda para penikmat kolak saat berbuka pauasa, sebaiknya mulai mencari hidangan alternatif lain. karena menurut para banyak ahli mengatakan, kolak bukanlah makanan yang sehat sebagai menu berbuka puasa. Mengapa? Karena kolak mengandung gula dan lemak yang terlalu tinggi dan tak mudah dicerna, sehingga membuat pencernaan kita, yang selama 14 jam menahan lapar dan haus karena puasa, akan kaget.

Menurut ahli nutrisi ternyata bukanlah makanan sehat untuk dimakan setelah 14 jam menahan lapar dan haus. Pada acara bincang-bincang Cara Mudah Mengikuti Food Combining, di Balai Sidang Jakarta, akhir pekan lalu, ahli nutrisi Wied Harry Apriadji, mengatakan kolak tidak sehat karena mengandung gula dan lemak yang terlalu tinggi. Kombinasi keduanya membuat alat pencernaan secara tiba-tiba bekerja berat, setelah sebelumnya beristirahat seharian. Lulusan Institut Pertanian Bogor itu  menyarankan agar mengikuti teladan nabi Muhammad SAW yang hanya makan kurma dan minum air putih untuk berbuka. Karena meskipun mengandung yang kadarnya cukup tinggi, dan sama-sama manis seperti kolak, karbohidrat yang dikandung kurma mudah dicerna

Rasululloh SAW. Dari Anas bin Malik ia berkata: Adalah Rasulullah berbuka dengan Rutab (kurma yang lembek) sebelum shalat, jika tidak terdapat Rutab, maka beliau berbuka dengan Tamr (kurma kering), maka jika tidak ada kurma kering beliau meneguk air. Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud

Dalam hal berbuka ini ada tata cara yang harus kita ikuti. Tata cara itu sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw dalam salah satu haditsnya yang berbunyi: Nabi Muhammad SAW berkata: Apabila berbuka salah satu kamu, maka hendaklah berbuka dengan kurma. Andaikan kamu tidak memperolehnya, maka berbukalah dengan air, maka sesungguhnya air itu suci.

Rasulullah dalam setiap berbuka atau katakanlah setiap waktu makan, tidak pernah terlalu kenyang. Bahkan tidak sampai kenyang. Kurang lebih 2/3 dari perut itu yang diisi, dan 1/3 lagi dikosongkan. Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah dalam salah satu haditsnya, bahwa beliau tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.

Yang lebih penting untuk diperhatikan dalam berpuasa ini bukan sekedar mengosongkan perut, tapi waktu mengisinya kembali yaitu waktu berbuka perlu diperhatikan. Kalau tidak, bahaya yang akan datang. Justru itu makan dan minum janganlah berlebihan atau kekenyangan. Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam surat Al’araf ayat 31 yang artinya: “Dan makan dan minumlah kamu, akan tetapi janganlah berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebihan.”.

Semoga saat-saat berbuka puasa bukan merupakan ajang “balas dendam” setelah lapar seharian. Jadi esensi IBADAh dan Ridha Allah akan tetap menjadi tujuan utama kita dalam menjalankan puasa ini.. Selamat menunaikan Ibadah Puasa, semoga segala amal ibadahnya mendapat ridha dari Allah SWT. Amin.. ^_^

Komentar
  1. norjik mengatakan:

    Padahal makan idola saat berbuka dari jaman ke jaman bro

  2. Marisha mengatakan:

    MuantabZzz n tentunya Manfaat ney wacananya^_^

  3. bluethunderheart mengatakan:

    malam bang

    hehehe maaf baru mampir met puasa juga ya bang
    wah infonya pasti blue terapkan dech soalnya selama buka ini blue belum kebagian kolek apapun heheh….
    salam hangat selalu

  4. BlaGaBloGer mengatakan:

    Oalah,, ternyata kolak gak bagus yaa,,,
    yap..yap,, makasih infonya,, tak kasih tau ke orang2 rumah…..

  5. noersam ada disini mengatakan:

    wah enak banget nie….selamat menunaikan ibadah puasa…

  6. noersam mengatakan:

    selamat berpuasa…

  7. HumorBendol mengatakan:

    Thanks pencerahannya bro…
    Kalo Bendol sih, begitu terdengar adzan, langsung tancap gas…hehe….
    Maruk banget….
    Makasih bro…

  8. tuyi mengatakan:

    betul sekali itu bro’…, sesuatu kalo berlebihan bisa menyebabkan penyakit…
    iya to’…?

  9. The Bunglon's mengatakan:

    Selamat menunaikan ibadah puasa…
    smoga tambah lancar memasuki hari ke-6…

  10. mahardhika mengatakan:

    haduuu kolak juga ga baik to….mmmm
    makasi infonya yah…… ^^

    bny2 buka dengan kurma

  11. antokoe™ mengatakan:

    makanan khas yang hadir sangat intent di bulan puasa.
    manis dan nikmat… ditambah nikmatnya berpuasa

  12. bluethunderheart mengatakan:

    met berbuka puasa ya bang malam ini
    salam hangat selalu

  13. Disney mengatakan:

    Thanks pencerahannya bro…
    Kalo Bendol sih, begitu terdengar adzan, langsung tancap gas…hehe….
    Maruk banget….
    Makasih bro…;. All the best!!

  14. ndop mengatakan:

    cocok dong buat saya yang pingin gemuk ini..

    hohohoh…

  15. bluethunderheart mengatakan:

    semangatttttttttttttttt
    salam hangat selalu

  16. Ria mengatakan:

    Padahal aku suka banget sama kolak mas😀
    kemarin aja habis beli kolak durian…hehehehehe

    Selamat berpuasa mas😉

  17. Munawar AM mengatakan:

    bagi yang belum mampu menjamah Kurma, diganti dengan kolang-kaling atau irisan pisang, ketela dan sejenisnya di dalam KOLAK. Mudah-mudahan ini bisa mencerahkan, teruma buat pengagum Kolak.

  18. kezedot mengatakan:

    siang bang
    pa cabarnya
    met menjalankan ibadah puasanya yah
    salam dalam 2 musim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s