Keep Moving Forward

Posted: Juli 26, 2009 in Kliping, Renungan Bantal, Untukmu
Tag:

kmf“Around here, however, we don’t look backwards for very long. We keep moving forward, opening up new doors and doing new things, because we’re curious… And curiousity keeps leading us down new paths”.Walt Disney

Hidup terkadang sangat keras  dan menghantam kita dengan begitu tiba-tiba. Beberapa memang tidak terlalu berat, namun tak sedikit juga yang membuat kita terpuruk hingga jatuh terkapar. Ketika ini terjadi,  hal terpenting bukanlah memikirkan seberapa keras pukulan yang telah kita dapatkan, namun yang terpenting adalah seberapa kuat kita dapat menghadapinya. Untuk bisa bangkit kembali, menemukan jalan,  menemukan kekuatan untuk tetap bergerak maju, dan memiliki kemauan untuk terus bergerak maju meskipun hambatan dan cobaan datang menghadang.

Melakukannya memang tidaklah semudah membalik telapak tangan, butuh karakter yang kuat dan mental yang sangat positf. Karakter inilah yang harus dibentuk dan karakter tidak ditentukan oleh apa yang terjadi pada kita, namun dengan bagaimana kita bereaksi terhadap apa yang terjadi. Ketika hempasan itu datang, apakah kita tetap berdiam diri? Atau kita melihat jauh kedalam, meraih segenap kekuatan, berfikir dengan positif dan bangkit kembali berdiri di atas kedua kaki untuk tetap bergerak maju? Pilihan itu ada di tangan kita.

Lupakan Penyesalan
Mulailah untuk melupakan kesalahan dan penyesalan masa lalu. Penyesalan yang berkepanjangan, tidak memberikan  manfaat yang baik. Bila tetap “tinggal” di masa lalu, waktu kan terhenti hingga kita terjebak pada satu titik dan tidak   bergerak maju. Setiap manusia pasti berbuat salah,  entah dalam pekerjaan, pada teman atau hubungan soisal.  Bagaimanapun, kita harus belajar untuk melupakan kesalahan-kesalahan masa lalu, untuk mulai belajar bagaimana  menempatkan pengalaman ini di belakang, karena hidup terlalu singkat untuk mengingat kesalahan dan tenggelam dalam penyesalan-penyesalan. Kita hidup di waktu sekarang ini bukan masa lalu. Hanya kita yang dapat memaafkan diri kita sendiri untuk dapat tetap bergerak maju.

Belajar dari Kegagalan
Belajar dari kegagalan dengan Penyesalan adalah dua hal yang sama sekali berbeda. Menyesal adalah luapan emosi, sebuah perasaan kecewa ditambah dengan perasaan malu atau bersalah. Namun, ketika kita melihat kembali pada keadaan masa lalu dan ketika kegagalan itu memberikan informasi yang sangat berharga untuk mengoreksi tindakan saat ini,  agar tidak berbuat kesalahan yang sama, itulah yang dinamakan belajar.  Ini memungkinkan untuk mengevaluasi apa -apa saja yang mungkin dapat membuat hasil dan apa yang tidak. Dan yang lebih penting lagi, sering bila kita “dihapus” dari sebuah situasi atau keadaan, kita akan dapat melihat sesuatu lebih objektif dan lebih jelas yang dapat digunakan untuk membuat pilihan yang lebih baik untuk dapat tetap bergerak maju.

Minta Bantuan
Kita tidak hidup sendiri.  Kadang memang kita merasa demikian, tapi percayalah ada banyak orang yang  akan senang hati mengulurkan tangan mereka dengan tulus dan ikhlas jika dimintai pertolongan. Yang perlu dilakukan hanyalah “meminta” bantuan. Mulailah berfikir untuk bekerja sama, dengan tetangga, teman-teman, atau siapapun. Sering kali kita takut untuk “meminta”, karena secara sadar ataupun tidak, terlintas dalam pikiran “apakah kita layak untuk dapat menerima bantuan”. Coba kita renungkan: kita dikelilingi oleh ribuan bahkan jutaan orang yang di ciptakan secara spesifik oleh Sang Maha Pencipta, dengan tujuan yang sangat jelas. Tangan untuk memberi pertolongan, yang melekat ke bahu, lalu “tersambug” ke wajah yang mana wajah itu sangat berseri -seri, berharap untuk dapat membantu kita agar tetap bergerak maju. ^_^

Percayalah Bahwa ANDA Berharga
Apapun tujuan hidup kita, impian kita, atau keinginan kita, percaya dan yakinlah bahwa kita pantas untuk mendapatkannya. Semakin kuat jiwa ini berusaha menanamkan keraguan dalam pikiran juga hati dengan mengatakan bahwa kita tidak layak, maka semakin dekat kita dengan keberhasialan. Untuk itu akan sangat baik sekali jika yang negatif-negatif ini diganti dengan pikiran-pikiran positif yang baru, agar hati ini berkata benar dan berkeinginan untuk tetap bergerak maju.

Menjadi 100% Bertanggung jawab
Kecuali dalam keaadan “apes” berat, kondisi dan kualitas hidup pribadi merupakan tanggung jawab penuh yang harus kita laksanakan. Karir, hubungan sosial dan kebahagiaan, semua berada dalam tanggung jawab pribadi. Terkadang saat hantaman hidup datang dengan keras menerjang, kita memilih untuk diam dan tidak melakukan apa-apa hanya karena kita menganggap cara inilah yang paling “mudah” dan tidak terlalu menyakitkan. Tapi sebenarnya itu adalah rasa sakit yang tertunda. “You have to live with yourself”, kita harus memiliki keyakinan, harus hidup dengan penuh keberanian, dengarkan kata hati, jika kata hati mengatakan, kita terlalu cepat menyerah atau tidak berusaha cukup keras, maka itu adalah sebenar-benarnya kata hati  kita. Lalu.. menjadi tanggung jawab pribadi untuk memilih, untuk tetap bangkit dan terus bergerak maju.

Tau apa Yang Diinginkan
Ini bukan tentang bagaimana, tapi mengenai “APA”. Untuk bergerak maju dalam kehidupan, anda perlu dasar yang kuat untuk melangkah. Memahami apa dan di mana Anda ingin pergi ke dalam kehidupan Anda, akan memberikan visi dan semangat – Pondasi awal. “Bagaimana” akan terkonsep dengan sendirinya bila Anda ingin tetap bergerak maju.

Percaya
Tak ada yang kebetulan di dunia ini. Jadi ketika musibah datang dan menghantam dengan sangat keras.  Yakinlah bahwa ada sesuatu yang tersembunyi, sesuatu yang sangat bernilai. Yang perlu kita lakukan adalah membuka hati dan percaya bahwa bahwa dalam setiap keburukan pasti ada kebaikan.  Mungkin juga ini ujian dari Tuhan, bukankah Tuhan hanya menguji umatnya jika DiRasa mampu, atau sekedar “sentuhan” yang mengingatkan kalau kita berada di jalur yang salah. Bagaimanapun juga, pecayalah segala sesuatu terjadi untuk satu alasan dan kita  harus terbuka  untuk melakukan penyesuaian agar tetap bergerak maju

Niat
Seberapa ingin kah kita? Bagaimana cara kita dalam mencapai keinginan dan apakah sudah bersungguh-sunguh dalam mencapainya? Ketika cobaan datang dengan keras, kita memiliki kesempatan untuk dapat menjawab pertanyaan ini. Memang penting untuk bilang bahwa kita ingin melakukan sesuatu atau menjadi sesuatu. Namun  ketika kita memutuskan untuk melawan rasa sakit, untuk bangun dan terus bergerak maju, dan menyadari bahwa mungkin akan ada lebih banyak lagi penderitaan menghadang, ini adalah perwujutan sesungguhnya akan niat kita. Pada saat kita kembali berdiri tegak di atas kedua kaki, maka jawaban akan pertanyaan ini sudah ada dalam genggaman dan tidak ada keraguan padanya bahwa kita akan tetap bergerak maju.

Tetaplah Yakin
Yakin: kepercayaan yang kuat pada sesuatu tanpa perlu harus di buktikan atau adanya kesaksian
Pada saat tubuh ini lelah dengan semuanya, lelah karena telah berusaha dengan sekuat tenaga namun mimpi-mimpi  belum juga terwujud, lelah akan badai cobaan yang menghantam bertubi-tubi dengan keras. namun jalan belum juga terlihat terang. Yang perlu dilakukan adalah istirahat, untuk bangun keesokan hari dengan tetap bergerak maju. Keyakinan kita, hormati itu dan hargailah, keyakian yang membuat kita  menjadi lebih “manusia”. Memberikan kita energi dan harapan. dan jika kita yakin, maka keyakian itu akan mengantarkan kemanapun kita mau dan menjadikan kita apa pun yang kita inginkan.

Memang mudah untuk menulisakannya disini dan bercerita dengan sahabat semua, namun pada kenyataan-nya melaksanakannya sangatlah sulit. Namun, walau bagaimanapun hidup akan terus berjalan, detik demi detik terus  berlalu. Sudah menjadi kewajiban kita untuk memilih… tetap “di sini” atau Keep Moving Forward ^_^”

Terinspirasi dari FILM “Meet The Robinson”

Komentar
  1. MariSha mengatakan:

    CerdhaZ-Cerdhaz-CherdHaZ,…
    MaXin Hari MaXin ManTabSss wacaNax,.!

    EemMm Tp Pa Yg NuLis Ney dH bS Keep’MoVing’forward?!?!?!?!^_^

  2. indra1082 mengatakan:

    Salam Semangat……………

  3. Andika mengatakan:

    Mantaps….

  4. HumorBendol mengatakan:

    hehe…emang bang, teori lebih mudah daripada prakteknya.
    Tapi harus dicoba kan?
    Sip bang…🙂

  5. bluethunderheart mengatakan:

    pagi bang
    blue datang nich
    waduh wacana yg perlu banget nich buat blue baca
    makasih ya
    salam hanat selalu

    pa cabar?

  6. bluethunderheart mengatakan:

    selamat malam bang

    lama tak mampir mencari kabar abang blue ini…………..
    salam hangat selalu

  7. Mmm…
    Sangat memukau hati saya!
    Tetap smangat sobat.

  8. Edi Psw mengatakan:

    Dibalik musibah itu pasti ada hikmah yang bisa dipetik.

  9. bluethunderheart mengatakan:

    selamat pagi banget
    met berpuasa yah om
    salam hangat selalu

  10. mahardhika mengatakan:

    wah lengkap bngt penjelasan dan triknya mas..
    trimaksi infonya (n_n)
    salam dan selamat siang, seneng akhirnya bisa mampir disini lagi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s