[OHa] Penipuan Hallo BCA (jangan pernah kasih PIN).

Posted: Agustus 11, 2008 in Info

(Dari mailist tetangga, semoga bermanfaat.. . )

Postingan ini bukan dari forwardan email. Ini murni pengalaman saya pribadi sebagai korban sindikat kejahatan/penipuan. Saya merasa berkewajiban menyebarluaskan kasus ini untuk menghindari adanya korban-korban lain dengan kasus yang sama.

Postingan ini saya copy dari email yang saya sebarkan ke teman-teman. Si gw ini adalah saya sendiri, Milla.

Dalam kasus ini gw sendiri yang jadi korban. Uang di ATM abis disikat sama tukang tipu Halo BCA jadi-jadian.

Kejadiannya 2 hari yang lalu, gw mau narik duit di ATM BCA deket rumah. Pas masukin kartu, yang terjadi adalah si kartu nyangkut, keluar nggak….ketelen juga nggak, karena penarik kartunya seret.

Sebelumnya, di antrian sebelum gw ada mas-mas dan dia bilang,”kayanya nggak bisa deh mbak. Tapi coba aja deh”.

Dan gw coba karena di monitornya nggak ada tulisan “Maaf, ATM tidak dapat digunakan”. Tulisan itu baru keluar setelah kartunya nyangkut. Si mas-mas itu masih ada di situ pas gw berusaha ngeluarin kartu dan dia ikut bantuin. Karena susah…dicongkel nggak bisa, didorong pake kartu lain juga nggak bisa, dia bilang,”telpon ke pengaduan aja mbak, nih telpon ke sini aja” sambil nunjuk sticker Halo BCA yang tertempel di mesin ATM itu.

Saat itu gw dalam kondisi kesel dan terburu-buru karena sangat butuh ngambil uang saat itu juga untuk disetor ke bank lain, dan waktunya udah mepet, jam 2an. Akhirnya karena nggak tau mesti diapain kartunya dan pingin cepet2 diurus, gw telpon deh Halo BCA itu.

Seperti layaknya CS, verifikasi data nama, alamat, nama ibu kandung, dsb, dia bilang kartu gw mau diblokir. Dia minta nomer rekening, gw nggak hafal. Minta nomor seri kartu ATM, ya nggak bisa lah karena kartunya nyangkut. Trus minta nomer seri buku tabungan, gw nggak bawa. Trus minta nomer PIN ATM (awalnya nggak secara langsung bilang minta nomor PIN, tapi bilangnya “nomor 6 digit terakhir yang biasa dipake”, tapi mungkin dia tau saya agak bingung, baru deh bilang maksudnya nomor PIN) sambil bilang,”tapi ngomongnya pelan-pelan aja ya mbak, jangan sampai kedengeran orang di sekitar mbak”. Sempet sih kepikiran dan ragu-ragu,”kok minta PIN ya?kasih nggak ya?” tapi karena gw dalam kondisi agak panik, buru-buru pengen beres dan gw meyakinkan diri sendiri kalo gw nelpon Halo BCA,  ya gw kasih.

Setelah itu dia bilang kartunya udah diblokir, jadi gpp kalo ditinggal. Setiap pagi ada pegawai yang suka ngecek ATM, biasanya kalau ada kartu yang nyangkut akan dikembaliin ke cabang BCA tempat kita buka kartu, gitu katanya. Karena yakin udah diblokir, pergilah gw dari situ.

Gw pergi tanpa ada curiga sedikit pun. Kecurigaan baru muncul besoknya (kemaren) pas nyoba nelpon lagi ke “Halo BCA” untuk konfirmasi kartu. Gw telpon beberapa kali tapi nggak aktif. Gw makin curiga setelah merhatiin nomernya…. kok ada yang aneh…kok kaya nomer esia ya ?(karena sebelumnya belum pernah nelpon Halo BCA jadi nggak hafal dan nggak ngeh dengan berbagai keganjilan).

Saat itu baru mulai agak panik dan langsung turun ke BCA di gedung itu juga buat ngeprint buku tabungan. Dan ternyata….

Ya Allah…gw langsung lemess…saldonya tinggal 20ribu rupiah! Dan tercetak ada pengambilan berkali-kali (yang tentunya bukan gw yang ngambil) sampe disisain segitu.

Padahal itu bukan duit gw pribadi, tapi pendapatan restoran dan mau dipake buat bayar macem-macem.

Uugghhh…gemesss rasanya…kok gw kena tipu juga yah….

Nyeseeel rasanya..kenapa gw percaya aja ya sama CS Halo BCA jadi-jadian itu?

Kok gw nggak ngeh ya dgn berbagai keganjilan di lokasi ATM atau suara si CSnya sendiri?

Kok gw mau aja ya ngasih PIN yang harusnya menjadi rahasia milik gw seorang?

Kok gw nggak nurut aja ya ma supir gw yang udah ngambil kawat buat nyongkel kartu?

Kok gw nggak ngecek lagi ya apa kartu gw emang bener udah diblokir?

Dan berbagai kok gw-kok gw dan kenapa-kenapa lainnya….

Uuuuuuuuuuuuggggghh hhhhhh! Antara kesel dan nyesel!

Gw udah lapor ke BCA, tapi nggak muluk-muluk berharap duitnya bisa kembali. Seenggaknya mereka tau kalo ada kasus penipuan atas nama Halo BCA. Dan udah menjadi niat gw untuk menyebarkan kasus ini ke temen-temen supaya nggak terjebak dengan kejadian yang sama.

Di balik musibah ini, gw masih bisa bersyukur… .kasus ini terjadi bukan pada saat saldonya puluhan juta rupiah, bukan pada saat gw mau bayar uang sewa ruangan, bukan pada saat akhir bulan dimana harus menggaji karyawan, bayar listrik dan tepon, atau tagihan-tagihan besar mendesak lainnya.

Masih bisa mengucap Alhamdulillah. .. ..

Makasih ya maling…masih disisain 20 ribu rupiah……

Semoga 20 ribu itu akan segera dilipatgandakan kembali oleh Allah SWT belipat-lipat.

Dan gw yakin, selama dia masih makan dari uang-uang curian, hidupnya nggak akan tenang!

FYI, nomer yang tertera di stiker “Halo BCA” itu adalah 999-66-889 dan 96888 (dari ponsel).

Kalo Halo BCA yang asli adalah 52-999-888 dan 69888 (dari ponsel).

Nomer pertama yang gw tepon adalah yang kedua (dari ponsel), tapi nggak nyambung. Akhirnya gw nelpon ke yang 999… si maling itu.

Gw udah nggak percaya lagi deh sama contact number darurat yang ditempel-tempel di tempat umum. Mending gw nanya dulu ke 108.

Buat temen-temen, waspadalah! sindikat pencurian kaya gini bisa terjadi di ATM bank apapun, bukan hanya BCA. Kemaren gw lapor ke Halo BCA yang asli (gw yakin asli karena disambungin sama CS yang di Bank BCA), dia bilang belom pernah nerima pengaduan Halo BCA jadi-jadian gini.  Tapi pas gw cerita di rumah, kakak gw pernah denger kasus kaya gini tapi ATM Mandiri.

Tolong ya temen-temen, ingatkan ke temen-temen yang lain, juga ke saudara, keluarga di rumah, tetangga, siapapun deh orang-orang di lingkungan sekitar anda…supaya nggak jadi korban berikutnya.

p.s : semalem gw dateng lagi ke ATM itu dengan niat…kalo stickernya masih terpasang mau gw coret-coret “PENIPU!MALING! ” (udah bawa-bawa spidol saking niatnya) dan mau gw foto. tapi ternyata sudah dicopot…entah ATM mana lagi yang jadi sasarannya.

Komentar
  1. abie mengatakan:

    Klo gtu kta harus slalu waspada dan jgn lupa nomer2 tlp darurat slalu disimpen di Hp, tentunya dr pihak2 yg bertanggung jawab ya,,,ex dr banknya langsung.

  2. Senyum Muslim mengatakan:

    hmm .. info yg menarik kak. Makasih ya🙂

  3. norjik mengatakan:

    hmm .. mmg kudu waspada. Tp msk akal juga sih .. kl kita udh keburu2 gitu deh jadi nya. Harusnya sih bisa di lacak donk .. kan ada cctv nya. :-??

  4. SUKI mengatakan:

    BAGAIMANA CARANYA MENGETAHUI NO PIN ?

  5. Rachmansyah mengatakan:

    Mungkin saran saya:
    1. Simpan nomer call center semua Bank kita di HP (bisa minta sama CS Bank yang bersangkutan), jangan mudah percaya dengan stiker2.
    2. Pastikan bahwa sebelum masuk ATM selalu bawa HP untuk menghubungi Call Center bila terjadi apa2 dengan mesin ATM tersebut.
    3. Jangan pernah berikan NO PIN anda pada siapapun termasuk pada Customer Service Bank anda dan CS yang benar tidak pernah meminta nomer PIN ATM.
    4. Jangan mudah panik jika kartu anda tertelan/nyangkut di mesin ATM.
    5. Segera minta blokir rekening anda jika kartu ATM anda nyangkut/tertelan di mesin ATM.

  6. Muslim Supian mengatakan:

    Ya Allah kasian amat yang sabar ya neng! semoga tuh maling cepet ketangkap…terima kasih atas sharing ceritanya

  7. jingga mengatakan:

    Bapak yg kemalingan sabar aj y, Tuhan Pasti punya rencana lain, rejeki Bpk pasti di gantilah sama Allah, maling emang gk pilih kasih, berdo’a aj supaya si maling d bukakan mata hatinya, smoga insaf,,,kiamat udah dekat men,, tobatlah selagi sempat,,,

  8. riko ijami mengatakan:

    Kenapa yaa…. ko’ hari minggu nggak bisa kirim uang lewat Internet banking.
    Katanya hari libur ….. padahal kita khan ga pakai kantor tapi lewat internet. Trus apa gunanya Internet Banking kalo sama aja dengan pake pergi ke Bank juga………

  9. Firman mengatakan:

    Saya juga mengalami kejadian hampir serupa mba…. TERTIPU sama Hallo BCA Gadungan…. Yg msh buat sy kecewa adalah sikap dari Pihak Bank BCA sendiri yang hingga kini belum memberikan hasil investigasi kasus saya.. padahal sy sdh mengikuti prosedur yg di minta pihak Bank Bca…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s