OUTBOND: Cara ASYIK Ngelatih MENTAL

Posted: Juli 27, 2008 in Artikel

Pastinya bingung kan..?? mana bisa tu ngelatih mental pake cara yang nyenengin, pastinya acara kayak gitu kan bikin boring, dengerin ceramah-ceramah dan segudang acara yang ngebosenin… ternyata ga ko..!!!

nah mo tau kan..?? gini ceritanya :

Bahasa kerennya Outbond, bahasa awamnya jalan2 keluar ke alam, Bahasa Travelnya keluar jalan-jalan… (sama aja ya..) Klo denger kata2 itu pasti uda ga asing lg Kan?

Biasanya niii yang pake jasa para traineer Outbond tu instansi pemerintahan, perusahaan-perusahaan untuk para kaeyawannya, dan masih banyak deee (sumpah ga Boong). Katanya c berguna buat menumbuhkan kerjasama team, pengembangan inisiatif, pembentukan pola fikir (biaar jadi Open Mind), mmm dah kebayang kan pasti ruet dan ga nyenengin acaranya.. tapi ga ko.. semua tu di bikin nyenengin dan uenak tenan.. di sana kita bermain dengan alam secara team, dan di beri game-game yang betul-betul berguna.

Ga cuma berguna buat orang dewasa, outbond juga penting buat perkembangan dan pembentukan mental anak, Kenapa Outbond itu penting untuk anak??? Karena pada perkembangan anak jaman sekarang, mereka asing banget sama kegiatan-kegiatan luar ruang. Terlalu terpaku sama perkembangan high-tech yang buat mereka jarang banget bergerak, hanya duduk manis, main games atau cuma nonton tv.

Padahalkan dalam masa perkembangan pertumbuhannya mereka butuh sarana untuk menggerakkan dan mengaktifkan pertumbuhan Motoriknya. Mengembangkan imajinasi dan inofasi dalam nalar perjalanan kejiwaannya.

Berdasarkan sumber dari para senior di Outbond, yang kenal secara tidak sengaja, klo Outbond mulai ada di Indonesia sejak 17 th yang lalu. Waktu yang cukup lama ya, tapi memang baru booming sejak 7 atau 8 tahun ini aja.

Mungkin uda sedikit lebih jelas peranan Outbond klo tadi baca ilustrasi diatas. Boleh dibandingkan mungkin antara era 80an, 90an atau pun era mIllenia sekarang. Berapa luas lagi sih area terbuka yang ada di Jakarta??? Berapa luas klo kita bandingkan dengan luasnya Mal yang ada? Ironi kan? Sangat? Kenapa ada prediksi klo ada kekhawatiran bahwa bangsa Indonesia akan mengalami kehilangan generasi? jawabannya mungkin harus dipikirkan, dan jadi tanggung jawab kita semua. Kenapa semua? Karena KITA, punya tanggung jawab moral terhadap bangsa ini. Ya bangsa Indonesia.

Outbond memberikan kita banyak ruang dan waktu untuk nunjukin diri kita sebenarnya. Anak-anak yang biasanya cuma diem, no respon bisa keluar dari paradikma bahwa mereka ga boleh urakan, harus selalu jadi anak mama yang nurut dan patuh. Ga ada aturan yang harus mereka ikuti, bebas untuk mengapresiasikan diri. Bebas untuk mengemukakan keinginannya, harapan dan cita-citanya. ini pengalaman pribadi selama jadi fasilitator outbond, nunjukin bahwa mereka antusias banget ngeliat tanah merah. Coba bayangkan Cuma ngeliat tanah merah, padahal apa istimewanya sebuah tanah?. Ternyata buat mereka tanah merah itu adalah hal asing yang bisa mereka temuin di tempat mereka tinggal. Karena hampir disetiap sudut tempat yang mereka datangi, 90% diantaranya tertutup konblock atau semen atau keramik. Sangat ironis.

Outbond bukan hanya ngajarin anak-anak bebas bergerak, tapi memberikan kebebasan kepada mereka untuk nunjukin minat sesungguhnya terhadap alam, manusia dan dan membibingnya untuk lebih bersyukur kepada Tuhan.

Komentar
  1. v3 mengatakan:

    Karena KITA, punya tanggung jawab moral terhadap bangsa ini. Ya bangsa Indonesia.

    wah mesti dikirimkan nich kata2 ini untuk pemerintah Indonesia…soalnya makin hancur aja moral bangsa kita saat ini.

  2. norjik mengatakan:

    Bahasa kerennya Outbond, bahasa awamnya jalan2 keluar ke alam, Bahasa Travelnya keluar jalan-jalan… (sama aja ya..)

    klo sama TADABUR ALAM sama gk ya ? (garuk2 kepala). Sepertinya acara yg asik dan menyenangkan. Kbtulan kalimantan paling cocok buat outbond, maklum msh bnyk hutan asli nya. Apg di pertengahan samarinda balikpapan, tuh masih tercium aroma batu bara nya ..

  3. Senyum Muslim mengatakan:

    Assalamualaikum kakak🙂,
    Outbond memang cara yang asik, tp sayangnya ngk smua tmpt bisa ngadain acara smacem gini. Krn skg sudah sulit mencari alam yg bener2 asri dan indah🙂

    Salam kenal kakak🙂

  4. arylangga mengatakan:

    salam kenal..entar kita outbound bareng ya…

  5. insan nya asmirandah mengatakan:

    melatih manusia akan insting alamiahnya

  6. donny mengatakan:

    mental gw jelek banget nih , gak ada cara lain ya bro buat ngalatih mental yang murah meriah .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s