5 Cara untuk Melupakan Sakit Hati

Posted: April 12, 2010 in Artikel, Info, Kesehatan
Tag:, ,

hbht

Jika Anda merasa telah patah hati, tenang… Anda tidak sendirian. Hampir semua orang pernah merasakan patah hati entah itu hanya sekali seumur hidup atau pada beberapa orang tampaknya telah mengalami patah hati berkali-kali sepanjang hidup mereka. Coba dengarkan semua lagu yang Anda pernah dengar di radio tentang patah hati! Tentu saja, itu tidak benar-benar hati Anda yang terluka, tetapi perasaan Anda yang terluka.

Banyak hal yang dapat menyebabkan patah hati. Kadang-kadang Anda mungkin mengalami rasa sakit tentang hubungan romantis yang berakhir sebelum Anda siap menerimanya. Mungkin karena mencintai seseorang yang tidak merasakan hal yang sama. Atau mungkin Anda telah kehilangan seorang teman atau kerabat atau orang lain yang Anda pedulikan. Penyebabnya mungkin berbeda, tapi rasa kehilangan adalah sama – apakah itu hilangnya sesuatu yang nyata atau hilangnya sesuatu yang benar-benar menjadi harapan besar anda. Banyak yang bilang Patah hati sebagai perasaan berat, kehampaan, dan kesedihan.

Meskipun penyair telah menulis tentang sakitnya patah hati selama ribuan tahun, ketika hal itu terjadi pada Anda, Anda mungkin merasa tidak ada orang lain di dunia yang pernah merasakan hal yang sama. Atau mungkin Anda merasa seperti setiap lagu sedih ditulis hanya untuk Anda dan situasi Anda!
Jika Anda ingin sembuh dari patah hati, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu:

· Berbagi perasaan Anda. :

Berbagi perasaan Anda dengan seseorang yang Anda percaya dapat membantu Anda merasa lebih baik. Itu bisa berarti hanya berbicara dengan teman atau anggota keluarga. terkadang Untuk sekedar membiarkan aliran air mata mengalir, tampaknya akan bisa menambah kelegaan pada hati untuk dapat lebih tenang. Bagi beberapa orang, cukup nongkrong bersama-sama dan melakukan hal-hal yang biasanya Anda nikmati, seperti melihat film atau pergi ke konser, dapat menghibur. Terkadang dengan bersama sama seseorang yang peduli pada anda, anda dapat membuat hal-hal jadi sedikit lebih baik.

· Jaga dirimu baik-baik. :

Hati yang hancur bisa sangat stres. Tapi jangan biarkan bagian tubuh Anda menjadi sakit juga. Cobalah untuk lebih banyak istirahat atau lebih banyak tidur, makan makanan sehat, dan berolahraga secara teratur untuk mengurangi stres dan depresi mungkin dapat sedikit membantu memberikan motifasi pada harga diri anda

· Ingat apa yang baik tentang Anda.

Terkadang orang-orang yang patah hati mulai untuk menyalahkan diri sendiri karena apa yang terjadi. Mereka mungkin benar-benar jatuh ke dalam penyesalan diri, melebih-lebihkan kesalahan mereka seolah-olah mereka melakukan sesuatu yang pantas untuk dapat kutukan ketidak bahagiaan di muka bumi. Jika Anda menemukan ini terjadi pada Anda, gigit di bibir anda! Ingatkan diri mengenai sifat baik Anda, dan jika Anda tidak dapat berpikir jernih tentang itu karena patah hati, cobalah minta bantuan teman – teman untuk membantu Anda mengingat apa yang baik tentang Anda.

· Cobalah membuat kesibukan. :

Kadang-kadang hal ini sulit ketika Anda sedang menghadapi kesedihan dan duka, tapi itu sangat membantu. Ini adalah waktu yang tepat untuk mendekorasi ulang kamar Anda atau coba hobi baru. Itu tidak berarti Anda tidak harus berpikir tentang apa yang terjadi, itu berarti Anda harus fokus pada hal-hal lain juga.

· Beri ruang pada diri Anda sendiri.

Butuh waktu untuk kesedihan dapat pergi. Hampir semua orang berpikir mereka tidak akan merasa normal kembali, tetapi jiwa manusia yang luar biasa – dan hati hampir selalu dapat terobati setelah beberapa saat. Namun berapa lama hal itu akan terjadi? Itu tergantung pada apa yang menyebabkan perasaan patah hati Anda – dan mengenai bagaimana Anda menghadapi kehilangan dan seberapa cepat Anda cenderung untuk bangkit kembali dari sesuatu. Mencoba bangkit dari patah hati butuh beberapa waktu untuk dapat berhasil- dan kadang-kadang bahkan dalm hitungan bulan.

Sementara kita melakukannya, kita juga menyebutkan beberapa hal yang tidak akan membantu. Seperti lari pada obat-obatan (atau putus asa) dan mencoba untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain, minum atau merasa lebih baik jika menjadi mati rasa, atau mengunci diri di ruangan yang gelap.

Kadang-kadang, meskipun, kesedihan itu begitu dalam – atau berlangsung begitu lama – seseorang mungkin memerlukan dukungan ekstra untuk menghadapi patah hati. Bagi orang yang tidak merasa lebih baik setelah beberapa minggu atau yang terus mengalami tanda-tanda depresi, berbicara dengan seorang psikolog atau ahli kesehatan mental dapat sangat membantu.

Jadi, bersabarlah dengan diri Anda sendiri – dan biarkan proses penyembuhan berjalan.. ^_^

About these ads
Komentar
  1. larroz mengatakan:

    paling gampang sih sharing sama temen. dan jangan malu kalo harus menangis, karena itu sangat membantu.

  2. setitikharapan mengatakan:

    Hehehe..kalau patah hati sepertinya belum, tapi kalau kecewa pernah mas. Saya sering memakai 2 tips yang pertama dan yang ketiga.
    Jangan biarkan hatimu patah, gak ada suku cadangnya loh. hehehe :)

  3. AndrikPrastiyonoNet mengatakan:

    kalau boleh nambah,, jagalah hati, jangan kau kotori, jagalah hati… hehe

  4. Fauza mengatakan:

    Kalo q biasana sore. . Sore gt pergi kesawah terus triak skenceng kenceng.na. .entah t sakit hati, beban, pkiran. . Serasa ikt keluar brsama teriakanku tadi. . .luar biasa, salam knal

  5. aldy mengatakan:

    Salam Mas Adam.
    Cara paling gampang untuk melupakan sakit hati ya jangan pernah mau sakit hati (*just kidding*).
    Dari beberapa cara yang uraikan diatas sebenar sudah lebih dari cukup. Tetapi kita ada kalanya tidak pernah puas.

  6. sapta mengatakan:

    jadi intinya bersyukurlah krn semua datangnya dari Allah.. jika tidak bersyukur maka akan mendatangkan gelisah dan tambah sakit hati lg..heheh.. :D

  7. KD mengatakan:

    Mantep nih tipsnya

  8. Dangstars mengatakan:

    Thanks banget info cara dan triksnya

  9. norjik mengatakan:

    nice tip’s bro adam. Tambahan mungkin sih dari saya. Tombo loro ati itu yg paling mujarap adalah dari diri kita sendiri. Yaitu keikhlasan. Ikhlas krn barangkali sdh di sakitin. Org yg bisa Ikhlas sampe lubuk hati terdalam nya rasanya gk akan mudah sakit hati sih. Mungkin lho ya he he

  10. catatanpelangi mengatakan:

    ikhlaskan saja ……. karena Dia hanya memberikan yang terbaik buat kita …. maka pelan pelan sakit itu hilang, lenyap, bahkan berganti rasa Syukur …. apalagi jika pada akhirnya kita mendapatkan orang yang ternyata segala galanya lebih baik dari si X hehehehehe……

  11. Mbah Jiwo mengatakan:

    hare gene mase saket hate…mbah sudah tua…eh eh eh

  12. agoenk70 mengatakan:

    klo saya pribadi c klo ngalamin sakit hati cari kesibukan aza, tapi cara di atas mantep juga tuch buat di coba,

  13. koplak mengatakan:

    jangan pake hati bos biar ngak sakit ati

  14. soewoeng mengatakan:

    weh resep mujarabnya jangan peke hati bos
    jangan main perasaan

  15. Asop mengatakan:

    Hmmm…. ya… dulu waktu semester 2 saya lakukan poin ke-3 dan ke-4 waktu putus… :D Kalo untuk poin pertama, sayangnya saya orang yang agak introvert. :lol:

  16. idana mengatakan:

    kalo pas lagi ngak sakit hati sih cara2 di atas keknya ampuh banget…tapi kalo udah ngerasainnya, keknya ngak bisa ngelakuin itu semua deh…
    sakit hati sama aja dengan jatuh cinta…bikin ngak nafsu makan…itu menurut saya siih :D

  17. Panduan Blogging mengatakan:

    Yang penting adalah membuat kesibukan sehingga kita bisa melupakan sakit hati kita.

  18. jalandakwahbersama mengatakan:

    memaafkan, mengadukan kepada Allah dan dan menyerahkan semua kepada Allah serta mengikhlaskannya. InsyaAllah nggak sakit hati lagi (Dewi Yana)

  19. achoey mengatakan:

    Tips yg dahsyat
    Jangan bermain hati deh biar gak sakit hati hehe

  20. andipeace mengatakan:

    saya biasanya menggunakan tips yang ke 4

    salam adem ayem

  21. fara mengatakan:

    curhat aja ke Yang Maha Punya Hati… ^_^

  22. Laki-laki Biasa mengatakan:

    Jika cinta tak mampu bersatu… bersyukurlah, karena ALLAH telah menyiapkan seseorang yang lebih baik untukmu.

    Tetap husnuzhon kepada ALLAH, Sang Maha Pecinta.. Sang Pemilik Hati, Sang Maha Membolak-balikkan hati manusia..

  23. didot mengatakan:

    sharing sama satu atau dua teman dekat sangat baik,dan lebih baik lagi sharing sama Allah di tengah malam. sakit hati jadi sesuatu yg indah tatkala kita bisa melihatnya sebagai proses untuk memulai yg baru,bahwa kita akan diberikan yg lebih baik. karena kita gak pernah tau hakekat sebuah ujian,sampai Allah membuat kita paham ,dan biasanya semua waktu yg akan menjawabnya :)

  24. ususpanjang mengatakan:

    masih tetep ndak bisa mas, padahal hampir dari tipsnya sudah saya jalankan. hehehee

    bukan sakit hati sih, tapi sakit di tinggal nikah hiks.hikss

  25. nurhayadi mengatakan:

    Kembali kepada Allah, yakinlah bahwa semua itu atas takdirnya

  26. Bee'J mengatakan:

    :) udah ada persiapan biar ga sakit hati….

  27. kidungjingga mengatakan:

    waktu akan menyembuhkan segalanya… heheh, terdengar klise ya.. tapi ternyata itu bener ya….

  28. senoaji mengatakan:

    Semacam ternyata…

  29. 7 taman langit mengatakan:

    tips yang sanagt baik ya
    trims dah sharing

  30. achoey mengatakan:

    Dahsyat
    Kau bisaaaa ajaaaa :)

  31. DikMa mengatakan:

    maaf mas, saya tidak terbiasa berbagi perasaan terhadap orang lain..

  32. ndop mengatakan:

    tidur mas… yang pulesss… nanti kalau sudah bangun, sakit hatinya ilang deh, hehehe..

  33. citra mengatakan:

    tapi sampai kapan qu bru bsa mgelupain masa lalu itu??? krna sdah terlalu baxk yg qu lakuin ma dy….

  34. makasi atas tips nya yua,…
    sanagt bermanfaat buat kehidupan sehari2

  35. dendy mengatakan:

    tapi walaupun sibuk aku tetap memikirkan rasa itu????
    gimana??????

  36. THEND mengatakan:

    SAKIT YA ALLAH !

  37. oby mengatakan:

    benar sekali tuh,,

  38. biebiedeby mengatakan:

    it udh deby cb smua,,
    tpi ttep g bsa!!
    yg ada mlah jdi tmbah skit!

  39. dean mengatakan:

    susah mas nglpain orang yang kita sayang,,,,, uda aku lakuin smuanya ttep ajj sakitnya sulit ilang ,,,, duh tkut ptus asa ,,bismilah ya allah smoga cpat hilang.

  40. oktavian mengatakan:

    biarkan saja ntar juga ilang2 sendiri…. just flow… kalo lg inget ya di terima aj tar juga lama2 jg ga sakit

  41. maryati mengatakan:

    berkali” disakitin berkali” di maafin, susah bgt ngelupainnya…

  42. adiprada mengatakan:

    sakit hati itu kayak kristal yg pecah,meskipun diperbaiki tapi bekas@ masih ada… :)

  43. memed mengatakan:

    patah hati yang sulit dilupakan

  44. yandi mengatakan:

    sakit hati jangan di pikirin deh ……………
    ntar stres loch

  45. yandi mengatakan:

    putus satu tumbuh seribu ………

  46. Heru lee mengatakan:

    Oh begitu ya makasih atas infonya

  47. nobody mengatakan:

    sometimes, the wrong choices bring us to the right places..
    so, jalanin saja..

  48. diano mengatakan:

    ngomong apa gampan tp klo dijalni susahnya minta ampun

  49. niko mengatakan:

    klo mnurut saya,
    lebih baik melupakan rasa sakit hati itu dngan cara banyak berdoa agar dapat tenang dari bayangan-bayangan akibat rasa sakit hati yang telah terjadi.

    GBU

  50. SHINTA mengatakan:

    SAYA PATAH HATI TAPI AKHIRNYA SY BERFIKIR BAHWA ALLAH PUNYA RENCANA LAIN UNTUK AKU…DAN MANUSIA HANYA..BERUSAHA SERAHKAN PASRAHKAN PADA ALLAH DAN LIHAT APA YG TERJADI……???

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s